Katarak

Apa Itu Katarak ?

Katarak adalah lipatan lensa alami mata, yang terletak di belakang iris dan pupil

Katarak adalah penyebab paling umum kehilangan penglihatan pada orang tua berusia di atas 40 tahun dan merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Faktanya, ada lebih banyak kasus katarak di seluruh dunia dari pada adanya glaukoma, degenerasi makula, dan diabetes retinopati

Apa Itu Katarak ?
Apa Itu Katarak ?

Penderita Katarak Di Indonesia

Katarak adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak juga dapat terjadi pada bayi dan anak anak, meski kemungkinannya sangat kecil. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula.

Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 210.000 penderita baru yang muncul setiap tahun. Dan lebih dari 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak.

Jenis katarak meliputi :

Sebuah katarak subkapsular terjadi di belakang lensa. Orang dengan diabetes atau mereka memakai obat steroid dosis tinggi memiliki risiko besar terkena katarak subkapsular

Sebuah katarak nuklir bentuk jauh di dalam zona pusat ( inti ) dari lensa. Katarak nuklir biasanya berhubungan dengan penuaan

Sebuah katarak kortikal ditandai dengan putih, kekeruhan baji seperti itu mulai di pinggir lensa dan bekerja dengan cara mereka ke pusat dalam mode berbicara seperti. Jenis katarak ini terjadi pada korteks lensa, yang merupakan bagian dari lensa yang mengelilingi inti tengah.

Gejala Katarak Dan Tanda

Katarak mulai kecil dan pada awalnya hanya memiliki sedikit penglihatan pada penglihatan anda. Anda mungkin memperhatikan bahwa penglihatan anda sedikit kabur, seperti melihat melalui segumpal kaca atau melihat lukisan impresonis.

Katarak bisa membuat cahaya dari sinar matahari atau lampu tampak terlalu terang atau melolot. Atau anda mungkin memperhatikan saat berkendara di malam hari sehingga lampu depan kendaraan yang melaju bisa menimbulkan silau lebih dari sebelumnya. Warna mungkin tidak tampak secerah yang pernah mereka lakukan.

Jenis Katarak yang anda miliki akan mempengaruhi gejala mana yang anda alami dan seberapa cepat hal iitu akan terjadi. Ketika katarak nuklir pertama kali berkembang, ia bisa membawa perbaikan sementara dalam penglihatan dekat anda, yang disebut ” penglihatan kedua ”

Sayangnya, penglihatan yang diperbaiki berumur pendek dan akan hilang saat katarak memburuk. Di sisi lain, katarak subkapsular mungkin tidak menghasilkan gejala apapun sampai berkembang dengan baik.

Apa Penyebab Katarak ?

Lensa dalam mata bekerja seperti lensa kamera, memutuskan cahaya retina untuk penglihatan yang jernih. Ini juga menyesuaikan fokus mata, membiarkan kita melihat semuanya dengan jelas, baik dari jarak dekat maupun jauh.

Lensa ini kebanyakan terbuat dari air protein. Protein diatur dengan cara yang tepat agar lensa tetap bersih dan membiarkan cahaya melewatinya.

Tapi seiring bertambahnya usia. beberapa protein bisa berkumpul bersama dan mulai melapisi area kecil lensa. Ini adalah katarak, dan seiring waktu, itu mungkin tumbuh lebih besar dan lebih banyak awan dari lensa, sehingga lebih sulit dilihat.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa lensa mata berubah seiring bertambahnya usia, membentuk katarak. Namun para peneliti di seluruh dunia telah mengidentifikasikan faktor faktor yang dapat menyebabkan katarak atau berhubungan dengan perlembangan katarak. Selain itu lanjut, faktor risiko katarak meliputi :

  • Radiasi Ultraviolet Dari Sinat Matahari Sumber Lainya
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Kegemukan/Obesitas
  • Merokok
  • Penggunaan Obat Kartikosteroid Dalam Jangka Panjang
  • Obat Statin Digunakan Untuk Mengurangi Kolesterol
  • Kerusakan Mata Sebelumnya Atau Pembengkakan
  • Operasi Mata Sebelumnya
  • Terapi Pengganti Hormon
  • Konsumsi Alkohol Yang Signifikan
  • Miopia Tinggi
  • Riwayat Keluarga

Salah satu teori pembentukan katarak yang mendapat bantuan adalah bahwa banyak katarak disebabkan oleh perubahan oksidatif pada lensa manusia. Hal ini mendukung oleh penelitian nutrisi yang menunjukan buah dan sayuran antioksidan tinggi dapat membantu mencegah jenis katarak tertentu.

Pencegahan Katarak

Meskipun ada konstroversi yang signifikan tentang apakah katarak dapat dicegah, sejumlah penelitian menyarankan nutrisi tertentu dan suplemen gizi dapat mengurangi risiko katarak anda.

Satu penelitian besar mengenai 10 wanita profesional kesehatan wanita menentukan bahwa asupan vitamin E yang lebih tinggi dan karotenoid lutein dan zeaxanthin dari makanan dan suplemen dikaitkan dengan penurunan risiko katarak secara signifikan.

Sumber makanan yang baik dari vitamin E termasuk biji bunga matahari, kacang almond dan bayam. Sumber lutein dan zeaxanthin yang baik termasuk bayam, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainya.

Penelitian lain telah menunjukan vitamin antioksidan seperti vitamin C dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko katarak.

Langkah lain yang bisa anda lakukan untuk mengurangi risiko katarak adalah memakai kacamata hitam pelindung yang menghalangi 100% sinar matahari saat bereda di luar ruangan.

Langkah Pengobatan Katarak

Kacamata dan lampu yang lebih terang mungkin bisa membantu katarak yang ringan. Meski demikian, katarak akan berkembang seiring waktu dan akhirnya penderita akan membantu operasi

Satu satunya langkah pengobatan yang terbukti paling efektif adalah operasi. Efek penyembuhan dari operasi akan sangat signifikan, terutama bagi penderita dengan kondisi katarak yang sudah menghambat kegiatan sehari hari.

Dalam operasi katarak, lensa yang keruh akan di angkat dan digantikan dengan lensa plastik bening. Operasi tersebut biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal agar mata anda menjadi mati rasa.

Usai operasi, dokter umumnya akan menganjurkan penggunaan dua jenis obat tetes mata. Obat tetes yang mengandung antibiotik untuk mencegah infeksi dan yang mengandung steroid guna mengurangi pembengkakan.

Di samping penggunaan obat tetes mata, ada beberapa hal yang sebaiknya anda hindari selama masa pemulihan. Hal ini dilakukan guna mencegah infeksi maupun koplikasi. Aktivitas aktivitas yang harys dijauhi tersebut meliputi menggosok mata, berenang, aktivitas fisik yang berat contohnya seperti menggendong anak atau menggeser perabotan, serta menggunakan kosmetik pada mata misalnya seperti eyeliner atau eyeshadow. Anda juga perlu berhati hati menjaga kebersihan mata saat berada di tempat yang berangin dan berdebu serta saat keramas.

Meskipun pemulihan dari operasi akan membutuhkan beberapa waktu ( dari beberapa hari hingga beberapa minggu ), hampir semua orang yang menjalaninya akan merasakan peningkatan pada penglihatan mereka. Penderita biasanya bisa kembali melakukan aktivitas atau rutinitas secara normal dalam waktu dua minggu setelah operasi.

Pemakaian kacamata juga mungkin akan diperlukan untuk membantu penglihatan jauh atau dekat. Sama halnya jika anda terlah berkacamata, ukuran lensa bisa berubah. Disarankan untuk menunggu pemulihan sampai selesai sebelum membuat kacamata baru.

Perkembangan Baru Dalam Pengobatan Mata Katarak

Seiring dengan perkembangan teknologi, operasi pengangkatan katarak sekarang bisa dilakukan dengan proses komputerisasi. Dalam proses ini, sinar laser khususnya akan di pandu melalu gambar tiga dimensi sehingga sayatan bisa lebih akurat sesuai dengan petunjuk dari ahli bedah. Selain keakuratan, beberapa ahli juga menyembutkan bahwa prosedur ini berpotensi mempersingkat durasi operasi katarak.

Biaya Operasi Katarak

Operasi mata katarak memang sangat mahal, Berapa Biaya Operasi Katarak ? Di tahun 2017 biaya operasi katarak bisa mencapai sekitar Rp. 15.000.000.-/ 1 mata dan Rp. 35.000.000.-/ Sepasang mata ( Harga tersebut bisa berubah kapan saja dan harga tersebut juga bisa berbeda beda di setiap rumah sakit )

Perlu anda ketahui juga, ada juga pengobatan mata katarak alternatif lain selain menggunakan operasi yaitu dengan menggunakan obat herbal tradisional dan merupakan cara yang sudah terbukti serta banyak sudah berhasil sembuh dari katarak tanpa operasi.

Karena kini telah hadir obat herbal tradisional Walatra Sehat Mata Softgel merupakan produk herbal berkualitas tinggi yang di formulasikan secara khusus dari perpaduan bahan bahan herbal asli dan alami pilihan terbaik para ahli yang dipercaya mampu mengatasi, mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit pada mata.

Anda hanya cukup mengkonsumsi Walatra Sehat Mata Softgel secara rutin 2 kali sehari 2 softgel setiap kalinya, dan katarak anda akan sembuh secara total, dengan cepat, alami, aman dan tanpa operasi.

Obat Mata Katarak Herbal Tradisional Walatra Sehat Mata Softgel

Walatara Sehat Mata Softgel ( SHMH )

Legalitas : No UKOT : 422/110/GR.1/2013 & HALAL

Harga Rp . 425.000.-/ Botol

Isi : 100 Softgel

Aturan Konsumsi : Secara Rutin 2 Kali Sehari 2 Softgel Setiap Kalinya

” Kami Siap Melayani Pemesanan Anda Hingga Ke Seluruh Pelosok Indonesia Dengan Jasa Ekspedisi JNE/POS Dikirim Langsung Ke Alamat Tujuan Anda “

Kini Telah Hadir Walatra Sehat Mata Softgel – Produk Herbal Tradisional Keluaran Terbaru Untuk Mengatasi, Mengobati Dan Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit Mata Dengan Cepat, Alami, Aman Dan Tanpa Operasi Dan Dengan Tingkat Kesehatan & Penyerapan Lebih Tinggi Serta Harga Lebih Terjangkau

Lebih Lengkap Dan Jelasnya Mengenai Walatra Sehat Mata Softgel Serta Cara Pemesanannya Anda Bisa Lihat Atau Klik Di Bawah Ini :

Langsung Klik  Walatra Sehat Mata Softgel

Terimakasih Telah Berkunjung Semoga Artikel Kami Bisa Bermanfaat Bagi Anda

Posted By : Www.SyarafMata.Com

Baca Juga Artikel Kami Seputar Kesehatan Mata Di www.Syarafmata.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *